Peringatan Hari Keluarga 2013

Ternyata tidak  banyak yang tahu kalau di Indonesia ini ada hari yang dikhususkan diperingati sebagai hari keluarga. Tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai hari keluarga dan diperingati setiap tahunnya dengan puncak peringatan yang dilaksanakan di salah satu ibukota propinsi. Untuk tahun 2013 ini, Kota Kendari (Sulawesi Tenggara) dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan puncak peringatan Hari Keluarga tingkat Nasional tahun 2013. Mengingat kesibukan, saya baru sempat menuliskannya hari ini.

Menilik pada sejarahnya, tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai hari keluarga terkait dengan ditetapkannya program KB sebagai program resmi pemerintah pada 29 Juni 1970. Sebelumnya program KB merupakan program yang dijalankan oleh lembaga/perorangan. Program KB di Indonesia dimulai sekitar tahun 1957. Pada tahun tersebut didirikan perkumpulan Keluarga Berencana (PKB). Pada saat itu program KB masuk ke Indonesia melalui jalur urusan kesehatan (bukan urusan kependudukan). Belum ada political will dari pemerintah saat itu. program KB masih dianggap belum terlalu penting. Kegiatan penyuluhan dan pelayanan masih terbatas dilakukan karena masih ada pelarangan tentang penyebaran metode dan alat kontrasepsi.



Puncak peringatan Hari Keluarga tingkat nasional tahun 2013 yang dilaksanakan di Kendari ini dihadiri oleh Wakil Presiden Bapak Boediono beserta Ibu Herawati Boediono. Jajaran Mentri Kabinet Indonesia Bersatu II yang tampak hadir adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan ibu Linda Agum Gumelar, dan Menteri Dalam Negeri Bapak Gamawan Fauzi beserta Ibu Vita Gamawan. Selain itu, Prof. dr. Fasli Djalal, selaku kepala BKKBN yang belum lama dilantik, juga tampak hadir di jajaran utama panggung kehormatan. Sehari sebelum kegiatan puncak ini, diselenggarakan pula pameran dan gelar dagang UPPKS yang dibuka oleh ibu Vita Gamawan Fauzi.

Pada puncak peringatan yang dilaksanakan di lapangan eks MTQ Kota Kendari ini diberikan beberapa penghargaan. Penghargaan Satyalencana Wira Karya (SWK) diberikan kepada beberapa Kepala Daerah yang concern terhadap program KB. salah satu yang sempat terekam dalam ingatan saya adalah Bupati Kab. Bandung Barat, Bapak Abubakar. Selain penghargaan SWK, diserahkan pula penghargaan Manggala Karya Kencana dan Dharma Karya Kencana.

Ibu Linda melambai

Mendagri beserta Ibu

Sumber : Blog Tentang KB

No comments:

Post a Comment